Monday

Sejarah Perusahaan, PT BCA Finance (BCAF) didirikan dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation pada tahun 1981 dengan komposisi saham dimiliki oleh PT Bank Central Asia, The Long Term Credit Bank of Japan, dan Japan Leasing Corporation. Perusahaan pada saat itu memfokuskan diri pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat, dan transportasi.

Pada tahun 2001, nama Perusahaan berubah menjadi PT Central Sari Finance (CSF), dengan BCA menjadi pemegang saham mayoritas Perusahaan dengan kepemilikan saham sebesar 99,58%, kemudian pada tanggal 28 Maret 2005 CSF telah berubah nama menjadi PT BCA Finance (BCAF). Kegiatan utama BCAF adalah pembiayaan kendaraan khususnya roda empat (mobil), dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 2000, total aktiva BCAF adalah sebesar Rp 89 milyar, dan pada akhir tahun 2007 telah mencapai Rp 1,44 Trilyun`dengan aktiva kelolaan lebih dari Rp 5,79 Trilyun rupiah.


Pada tahun 2003, Perusahaan untuk pertama kalinya menerbitkan obligasi dengan nama "Obligasi Central sari Finance I Tahun 2003 dengan Tingkat Bunga Tetap", sebesar Rp 200 Milyar. Obligasi ini telah jatuh tempo dan dibayar lunas pada tanggal 29 september 2006. kemudian pada tanggal 27 Februari 2007, perusahaan kembali menerbitkan obligasi dengan nama " Obligasi BCA Finance II Tahun 2007 dengan Tingkat Bunga Tetap", sebesar Rp 500 Milyar, dan diterbitkan dalam 4 seri, dengan jangka waktu masing-masing adalah 54, 36, 42, an 48 bulan. Pada tahun 2008, obligasi tersebut memperoleh peringkat "Aa3.id" dari Moodys Indonesia.

Bidang Usaha

Perusahaan memiliki izin usaha berdasarkan SK Menteri Keuangan RI, yang meliputi bidang usaha pembiayaan konsumen, sewa guna usaha, anjak piutang, dan usaha kartu kredit.

Saat ini fokus usaha adalah pembiayaan kendaraan bermotor (roda empat atau lebih); dan pembiayaan untuk sewa guna usaha misalnya leasing untuk alat berat, photo digital printer, dan mesin industri.

Source : bcafinance.co.id

0 comments:

Visitors

Total Pageviews

Popular Posts