Konsultasi pasang iklan
Mau pasang Iklan
Mau Usaha Parfum
Agen Jual Parfum
Jual Minyak Wangi Biang Asli Murah
Jual Murah Harga Agen
021 - 9069.1124
TERSEDIA juga dengan system kerja sama
System kerja sama usaha
Contact Us Ready 24 Hours

Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< Tip Sukses >>..

Saturday, 29 May 2010

Cara Mengindari Hutang

Kartu Kredit

Ingatlah bahwa uang yang Anda gunakan adalah uang bank, bukan uang Anda sendiri.

8 Kiat Jauhi Utang pada Tahun Macan
Tahun 2010 merupakan tahun Macan Logam. Meski dikenal dengan keberaniannya, macan cenderung bertindak hanya dengan dorongan hati dan tanpa pikir panjang. Keberanian memang dibutuhkan, khususnya dalam dunia yang sangat menantang seperti sekarang ini.

Namun, keberanian disertai kebijaksanaan lebih berarti dari sekadar keberanian tanpa mempertimbangkan situasi dan kondisi. Dari sudut pandang keuangan, keberanian mengelola keuangan sangat diperlukan, baik melalui tabungan maupun investasi. Pada saat yang sama, kebijaksanaan keuangan tetap diperlukan—khususnya dalam mengelola utang.


Salah satu bentuk utang yang paling umum adalah melalui kartu kredit. Jika Anda memiliki kebiasaan menunda pembayaran kartu kredit dan tidak membayar keseluruhan tagihan, Anda tidak sendirian. Berdasarkan data Financial Quotient Survey yang dilakukan Citibank, sebanyak 44 persen pemegang kartu kredit di Indonesia tidak melunasi tunggakan kartu kreditnya. Asosiasi Kartu Kredit Indonesia juga mencatat bahwa pada tahun 2009 total kartu kredit yang bermasalah berada di atas nilai wajar, yaitu mencapai 9 persen.

Berikut 8 tips untuk menjauhi utang dan memanfaatkan kartu kredit dengan bijak:

1. Buatlah anggaran
Catatlah pengeluaran yang ingin dibayarkan melalui kartu kredit selama sebulan, seperti makan di restoran, belanja kebutuhan dapur, bensin, dan lain-lain. Ketahuilah jumlah yang akan ditagihkan ke kartu kredit. Awasi pengeluaran dan pastikan tidak melebihi dana yang dianggarkan.

2. Tentukan batas pengeluaran bulanan
Disiplinkan diri Anda dalam penggunaan kartu kredit per bulan. Hindari pengeluaran yang mendekati credit limit, selalu sisakan untuk kebutuhan darurat.

3. Hindari belanja impulsif
Tips ini cocok untuk wanita karena umumnya wanita lebih impulsif dalam berbelanja dibandingkan pria. Jangan gunakan kartu kredit untuk berbelanja sesuatu yang tidak Anda rencanakan. Belanjalah layaknya Anda membawa uang tunai.

4. Bayar tepat waktu
Bayarlah utang kartu kredit 5-7 hari sebelum jatuh tempo sehingga Anda tidak terkena denda ataupun bunga. Akan lebih baik lagi jika tagihan Anda dibayar penuh setiap bulan. Sebaiknya lakukan pembayaran reguler bulanan dengan direct debit ataupun giro. Hal ini akan memperbaiki rekam jejak Anda di bank ataupun Sistem Informasi Debitur.

5. Manfaatkan tenggang waktu bebas bunga
Ini adalah waktu yang diberikan penerbit kartu kredit pada nasabahnya untuk membayar kartu kredit tanpa terkena bunga. Biasanya 20-25 hari, tetapi hal ini hanya berlaku jika tagihan sebelumnya telah lunas.

6. Bayar lebih dari batas minimum
Biasakan untuk membayar lebih dari batas minimum (10 persen). Jika Anda menerima bonus, gunakan dana tersebut untuk melunasi tagihan sehingga Anda lebih cepat terbebas dari utang.

7. Ingat! Ini bukan uang Anda
Uang yang Anda gunakan pada dasarnya adalah uang bank, bukan uang Anda. Gunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari, tetapi jangan menganggap atau menyalahgunakannya sebagai pendapatan ekstra.

8. Kendalikan diri Anda
Menggunakan kartu kredit membutuhkan tanggung jawab dan pengendalian diri. Jika Anda memiliki keterbatasan dalam membayar tagihan dan mengawasi jumlah kartu kredit Anda, tidak ada salahnya jika Anda kembali ke uang tunai sebagai metode pembayaran untuk memperoleh kedisiplinan dalam pengeluaran sehari-hari.

Apabila Anda mengalami permasalahan yang sangat ruwet, berkonsultasilah dengan bagian layanan pelanggan atau bagian penagihan kartu kredit agar dapat menjelaskan program pembayaran yang bisa diharapkan menjadi solusi masalah keuangan Anda yang berhubungan dengan kartu kredit.

Hal yang Bikin Si Dia Mundur
Menelepon Si Dia atau Tidak
Cara Menyatakan Cinta
Tip Untuk Menyatakan Cinta
Cara Mengakhiri Hubungan
Inilah Rahasia Cinta Sejati
Di Balik Sukses Hubungan Cinta
Membaca Kode Untuk Bercinta
Tips-Tips Dalam Bermain Cinta
Kenapa Kulit Wanita Lebih Cepat Keriput?
Membuat Kulit Kencang
Persoalan Masalah Kulit
Kulit Cantik dan Bersinar dengan Susu
Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

0 comments:

Powered by FeedBurner

Living Well Blogs - Blog Catalog Blog Directory
Custom Search

More Topic

Topic yang sama
Butuh Batu Bara